Sedikit untuk Lebih @Pos Paud - Budget School

06.13

Buat aku, sekolah anak itu penting banget. Tapi sekolah mahal dan jauh itu, buat aku, tidak penting. 
Bukannya aku anti sekolah ya, karena Ayesha sekarang udah sekolah. Sebetulnya lebih tepat dibilang, tempat buat belajar dan bermain. Namanya Pos Paud "Permata Hati".
Makanya waktu Pos Paud ini mulai diadakan 2 tahun lalu, aku langsung daftarin Ayesha buat gabung disitu. Soalnya tempatnya kegiatannya di ruang pertemuan RT ku, yang lokasinya pas di depan rumah. Pos Paud (ada di setiap kelurahan) -ceuna mah - bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Pengajarnya juga bukan asal comot, siapa yang mau ngajar terus ditarik. Mereka berempat semuanya adalah pengajar SD/TK dan SMU Terbuka. 

Pos Paud Permata Hati : Awalnya masih pakai baju bebas

Pos Paud ini ada dua kali seminggu, setiap hari Selasa dan Sabtu jam 16.30 dengan kegiatan yang hampir sama diajarkan di sekolah formal.
Sebelum sekolah dimulai, Bunda (sebutan buat para guru) memimpin doa, diteruskan dengan nyanyi mars pos paud permata hati, dan dilanjut senam ala anak TK. Lagunya senam lucu deh, anakku seneng banget niruin.....
"Ayo baris teman-teman, ayo baris. Ayo baris teman-teman, ayo baris.
Rentangkan tangan, ikut irama......"
Kelar senam, anak-anak dibolehkan buat minum dulu, dan diteruskan dengan kegiatan belajar.
Pelajaran yang diajarkan disini umumnya seperti menggambar, menggunting, mewarna, membentuk plastisin, story telling, main lingkaran, kereta-keretaan, menyanyi. Malahan beberapa bulan lalu ada juga perlombaan buat murid-muridnya. Memakai kancing baju sendiri, memindahkan air dari baskom ke botol pakai spons, dan memakai kaos kaki sendiri. Ayesha dapet juara dua di lomba pakai kaos kaki sendiri *ehm*.

Kegiatan belajar di Pos Paud. Sekarang udah pakai seragam.

Mainan juga ada

Jumlah anak yang mendaftar, infonya sih, lebih dari 100 anak, tetapi yang aktif datang disini sekitar 30 anak dengan beragam latar belakang pekerjaan orang tua, dari mulai pegawai, buruh pabrik, pedagang dan sektor informal lainnya. Iuran perbulannya Rp. 5.000,- dan setiap pertemuan disediakan celengan buat sumbangan sekedarnya orangtua murid, yang nantinya dipakai untuk kegiatan siswa, seperti piknik, dll
Semuanya boleh mendaftar disini, asal orangtuanya enggak gengsian :((

Menurut aku, ide Pos Paud ini bagus. Tumben banget nih pemerintah pinter dan kritis dan punya itikad baik menyediakan tempat belejar seperti ini. 
Setiap orangtua pasti ingin memberikan pendidikan terbaik bagi anaknya, dan setiap anak wajib mendapatkan pendidikan terbaik baginya yang harus disediakan oleh negara.
*ealah kan saya udah bayar pajak, jadi itu duit kemana aje, ya?*

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe