My Little Miss Sunshine

01.58

Cuaca di kota Semarang amat sangat panas banget beberapa hari ini. Belum jam 9 pagi aja udah kerasa teriknya. Beruntung aku tinggal di kawasan atas, yang masih banyak pohon dan belum terlalu padat penduduk, jadi hawa panas masih bisa ditolerir. 
Kalau udah kayak gini, biasanya aku dan Ayesha ngadem di samping rumah yang ada kanopi dan pohon mangga segede gaban dan tanaman hias kecil-kecil lainnya. Memang bener ternyata, pepohonan bisa mengurangi efek cuaca panas.


Begitu menjelang tengah hari dan waktunya ngambil jemuran *no ART lah yaw*, biasanya si bocah kecil ini selalu nguntit ikut ke samping rumah. Sesekali ngebantu ngambil jemuran dan naruh keranjang setrikaan *so lovely*, tapi selanjutnya dia lebih senang ngejar kepiting, masuk kolam ikan dan maenan air. Kebetulan aku juga bukan orang yang terlalu kaku soal maenan anak, sepanjang enggak bahaya dan enggak di area sampah/kotoran binatang, aku biarin aja. Ben lah....



...berani kotor itu baik...ceuna mah....

Ngeliat dia ngabisin mainan air sih gemes juga, sesekali selalu bilang, "Eh, kepitingnya jangan dipukul nanti mati" "Jangan basah-basah, nanti masuk angin!" atau "Udah, main di kamar aja!" Eh, tapi dianya enggak mau. Yasud lah  dia maunya maen apa, mulutku juga cape ngecipris, sementara kerjaan ngelipetin baju kering di tempat setrikaan kudu dilaksanaken.


awan terik menggantung di langit, kaos kutung dan celdal pun jadi andalan

Begitu kerjaan ala emak-emak kelar, aku suruh Ayesha berenti keceh dan ganti baju sekalian dikasih minyak telon bisar enggak masuk angin. 
Next project, bikin es jus bukan mendinginkan badan, hati dan pikiran. Nguprek di kulkas nemunya cuman melon dan wortel. Blender ready, then voila,,,,,,,es juice pun menanti.

Mungkin ini ya yang dinamakan local heating (instead of global warming). Pernah sekali waktu ngelongok ke termometer, busyet, 35 derajat. Jaman aku kecil, itu mah perkiraan cuaca buat di tanah Arab, sementara di rumah cuman seputaran 25-28 derajat kalau cuaca sedang terik-teriknya. Jadi dalam kurun waktu 15-20 tahun sudah terjadi peningkatan suhu sebesar 10 derajat. Mengerikan.....
Yang perlu dicatet juga, dalam rentang waktu tersebut, kawasan Semarang atas sudah berubah banyak sekali. Kebon dan hutan sudah dibabat habis buat proyek perumahan dan jalan, jadi otomatis pohon sebagai tameng pemanasan global udah tidak banyak jumlahnya. Kondisi ini diperparah dengan polusi udara dari meningkatnya jumlah pemakaian kendaraan bermotor. Jalan Setiabudi sejak awal 90an sudah diperlebar menjadi 4 lajur. Bandingkan dengan kondisi awal pertama kali Bapak pindah rumah di kawasan Srondol pada medio tahun 70an. Kata beliau, jalan itu cuman jalan kecil yang hanya muat dilewati 2 mobil dan pohon asem kranji berjejeran di tepi jalan. Sekarang.....bejibun kendaraan yang lewat, buat nyebrang aja kudu naek ke jembatan penyeberangan kalau mau selamat aman sentosa.
Ini kudu jadi pe-er nya PemKot buat menjadikan kota ini menjadi lebih nyaman untuk ditinggali.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe