@ Semarang : Periksa Kehamilan

21.49

Hasil gambar untuk pregnancy woman getty image




Photo credit : Getty Image

Yang jelas, dokter obgyn di Semarang itu banyak banget pilihannya. Tapi biarpun gitu, enggak gampang  juga menentukan dokter mana yang bakal menangani kehamilan kita.
Ibaratnya, memilih obgyn ini kayak milih jodoh, Kudu yang mantep di hati.


Dokter kandungan waktu anak pertama, yaitu dr. M.Pr. Perempuan, sudah sepuh, praktek di RSB. Bnd. Saya emang sengaja cari yang praktek di situ. Pokoknya, rumah sakit bersalin ini memang favorit. Selama periksa kehamilan, saya cuma dikasih vitamin dan USG aja.
Beliau cukup telaten menjawab pertanyaan pasien. Pas kehamilan masuk bulan ke 5,de bayi di perut ternyata sungsang. Bu Dok ini ngewanti-wanti jangan sampai cesar dan ngajarin gimana cara nungging yang benar biar kepala bayi nya posisinya muter ke bawah.
Bu dokter ini dulunya dr. obgyn kakak saya, dan kemudian baru ngeh,kalau beliau itu ternyata ibu temen sekolah dulu.
Persalinan saya waktu itu normal dan bu dokter baru datang pas sudah bukaan 10. Untungnya pas itu tengah malam dan rumah beliau ini deket rumah sakit. Kalo enggak, bisa pingsan nahan sakit karena beliau kena macet.

Pembayaran di RSB Bnd ini, waktu itu, tepatnya tahun 2007, harus CASH ya. Entah kalau sekarang. Coba hubungi CS dahulu, apakah sudah terima provider asuransi dan BPJS


Waktu kehamilan kedua, saya memutuskan untuk memilih obgyn laki-laki. Ini sih emang sayanya yang rada labil terpengaruh kata teman-teman, yang katanya obgyn laki lebih mantep, sabar dan tenang (dalam artian, enggak gampang panik). Suami mengizinkan, apalagi sebelumnya juga pernah ngobrol gimana kalau nantinya mau periksa dokter obgyn laki-laki  kalau hamil lagi.


Pertimbangan kedua milih dokternya yang praktek di RSB B juga di RS Tlg. Kenapa? Karena waktu itu RSB B ini enggak ada kerjasama dengan provider asuransi manapun, jadi kalau mau langsung klaim biaya persalinan enggak bisa. Saya harus bayar cash dulu baru nanti reimburse ke kantor. Alamak, duit dari mana cubak buat bayarnya. Biaya persalinan itu mehong ya cyn :((
RS Tlg, dia ini kerjasama dengan semua provider asuransi. Begitu habis melahirkan, kan bisa cuzzz, langsung klaim ke asuransi. #maklummiskin


Dokter kedua yaitu dr. Arf. Ganteng loh #ngikiksendirian
Kebetulan ruang praktek nya sebelahan sama ruang praktek dr SpA anak saya di RSB B.  Dulu saya merhatiin kalau beliau praktek itu pasiennya enggak banyak. Saya malah lebih suka yang gini. Antrian pasien yang banyak tidak menjamin kualitas pemeriksaan.
Pasien banyak biasanya bikin dokter pengen cepet-cepet selesai, jawab pertanyaannya pendek-pendek, enggak hapal sama pasiennya, dll.


Singkatnya, saya periksa ke dr Arf waktu kandungan sudah memasuki bulan keempat. Hahaha, kehamilan kedua memang dibikin santai banget, nggak buru-buru periksa ke dokter.
Dan sesuai perkiraan saya, dokternya memang sabar dan mau menjawab pertanyaan panjang lebar. Selama periksa, saya dikasih vitamin dan USG ajah.
Tapi dasar memang enggak jodoh, pas bulan keenam, saya diputus sama beliau, karena pak dokter mau sekolah dulu selama setahun. Jadi selama itu tidak terima pasien dulu. Hiks, aku kan masih pengen ketemu, Dok. Gimana dong?!?
Terpaksa lah harus pilah-pilih obgyn lagi.


Milih dokter ketiga juga yang praktek di kedua RS tadi yaitu dr Bsr, putranya prof. A. Dokternya ngomongnya halus banget baik ke pasien dan anaknya pasien. Saya kan bawa Ayesha, yang enggak mau diam dan suka pegang macem-macem di ruang praktek. Kadang beliau ngajak ngomong Ayesha, atau dikasih stiker lucu atau book note. Keliatan nih kalau beliau sabar. Selama periksa, saya dikasih vitamin dan USG juga.


Pas usia kehamilan 9 bulan, memasuki hpl dan siap-siap mau bikin janji dengan Pak dokter, saya dibikin patah hati lagi. Katanya, pak dokter lagi holiday dan akan pulang dua minggu lagi. Alamak, hpl ku kan tinggal seminggu lagi. Terus, piye jal Iki? Mosok aku kudu ganti dokter maneehhh. Mumetzz :((


Hari itu juga akhirnya, setelah menimbang, kita putusin periksa ke dokter Erw, di Rs. Hrm, Pandanaran. Kenapa? Soalnya beberapa teman pernah periksa ke beliau dan seorang dokter yang pernah ngisi seminar di sekolah Ayesha, juga rekomen nama beliau. Walaupun dalam hati, harap-harap cemas, plafon asuransi ku nyampe gak? Ini RS kan terkenal mahal.


Singkatnya, datang lah saya buat konsultasii, kebetulan pas datang awal banget, pasien belum pada datang.
Dokter nya komunikatif banget. Saya ditanya hasil test darah, yang mana seumur-umur hamil belum pernah. Akhir nya hari itu juga test darah dan urine di RS. Hrm. Alhamdulillah, semuanya negatif.
Oya waktu di USG, ketahuan kalau lingkar kepala bayi nya besar dan beliau udah wanti-wanti kayaknya enggak bisa normal, karena pinggul saya enggak bakal cukup. Dan ternyata Pak dokter benar, saya harus di secsio, karena kepala bayi mandek di bukaan 4 :((
Operasinya berjalan lancar dan cepat. Jahitannya rapi, dan enggak ada keluhan sama sekali pasca operasi, misalnya ada pendarahan, celah/bocor atau nanah di bekas jahitan. Recommended.

Pembayaran biaya persalinan di RS Hrm ini sudah menerima BPJS. Waktu itu tahun 2014, saya pakai asuransi pilihan kantor suami. Mihil ya cyiin. Saya masih nombok buat kekurangannya, tapi di cover sama asuransi dulu, dan ditagih sebulan kemudian.

Itulah review tentang obgyn di Semarang yang pernah saya datangin. Yang lain, masih banyak banget. Ada teman yang nyaman dengan dokter yang terkenal walaupun harus mengantre selama 4 jam. Dokter perempuan juga sekarang banyak dipilih, karena faktor 'agama'.
Ikutan milis? Boleh aja, tapi saran saya, ngobrol aja sama teman atau kerabat. Biasanya ini lebih membantu untuk menentukan dokter yang tepat, walaupun akhirnya kembali kepada individu masing-masing.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe