[R]evolusi ART (aka. Anggaran Rumah Tangga)

06.14

Kalau semasa sekolah dahulu saya belajar mengenai teori evolusi manusia, maka semasa sudah berumah tangga sekarang saya lah yang mengalami [r]evolusi keuangan :))

Menikah, resign kerja, ikut suami di luar kota, jobless, ikut mertua ---> atur-atur keuangan
Dapat kerja, hamil --> review pengeluaran 
Punya anak, masih ikut orang tua ---> kaji ulang anggaran (lagi)
Resign kerja, tinggal di rumah sendiri ---> [r]evolusi (lagi...lagi)
Dan kesemuanya itu berakhir dengan hasil..........."Lah kok enggak ada sisa?!" *klasik ya

Kalau teori evolusi manusia mengenal hukum seleksi alam yang akhirnya menghasilkan manusia modern, saya malah menjadikan keuangan rumah tangga era modern ke arah primitif :(

Tapi itu duluuuu....ya, sekarang saya mencoba untuk berubah.Saya enggak mau bila nanti punya anak lagi, keuangan saya berubah, bila punya cicilan lagi keuangan saya (harus) berubah lagi dst dst.
Nah, mumpung saya punya cicilan yang masih harus dibayar dalam beberapa tahun mendatang *hiks*, kayaknya ini saat tepat untuk me[r]evolusi keuangan.Saya dulu rajin lho browsing situs-situs perencana keuangan buat melihat-lihat artikel keuangan. Tapi, daripada pusing-pusing, saya akhirnya menjadi pembaca setia LiveOlive buat panduan mengatur keuangan.

Hal pertama yang saya tiru tentu saja item-item pengeluaran yang ada pada budget tool anggaran
Uang dari pak suami langsung masuk ke amplop-amplop bertuliskan belanja sayur, SPP Ayesha, asuransi,bla..bla..bla....dan terakhir, entertainment. Waaa, saya suka yang terakhir ini, biarpun uang ketat, tapi leisure tetap boleh donk :)
Hasilnya? Ada sisa gak? Ya, lumayan lah untuk membikin status saya jadi I am (a bit) Worth :))
Etapi sisa itu juga bukan buat hambur-hambur karena (teuteup) ya disimpan terutama buat anak saya yang bakal besar, butuh untuk uang sekolah yang sekarang mahalnya ampun-ampunan, les, dll ; uang  kuliah, dan lain lain.
Haduh, ternyata agenda jangka panjang kok akeh men ya.... *gubrak*

Bicara soal simpanan, katanya sih sekarang udah enggak jamannya lagi menjadi gadis yang pandai menabung di bank :(
Sekarang pilihan investasi sudah sangat beragam bentuknya. Logam mulia, saham, reksadana, dll.
Buat saya yang masih pemula, memang harus bisa memilah-milah informasi yang tepat untuk investasi.
Dulu, gara-gara keseringan blogwalk karena  kepo ngintip cara investasi orang lain, yang ternyata pada baru satu dua kali berinvestasi, saya akhirnya malah maju mundur untuk investasi. 
Tapi, tips dan artikel keuangan yang objektif LiveOlive jadi acuan saya untuk memilih produk investasi dan keuangan yang cocok, aman dan terpercaya buat saya. 
Enggak hanya soal investasi, kiat-kiat soal kartu kredit (paling penting), shopping, petty cash, liburan juga ada.
Tips dan artikel nya bisa dilihat juga di twitter @MyLiveOlive (please follow),  fanpage FB MyLiveOlive (di-like ya, kartunnya lucu-lucu dan nyentil lho),  google+ page MyLiveOlive (please follow) dan youtube MyLiveOlive.

Last but not least, merubah kebiasaan dan gaya hidup demi terciptanya [r]evolusi keuangan *halah bahasanya.
Terus terang untuk belanja bulanan, saya enggak gengsi untuk beli barang yang buy one get one atau malah beli , misalnya, deterjen yang mereknya jarang ada di tipi (murah sih), atau pakai kupon diskon-an harga.
Promo kartu kredit untuk dine out juga jarang dipakai karena saya sekarang udah pintar memasak. Eh bohong deng ya, tapi belajar memasak sendiri memang lebih sehat dan, pastinya, irit banget.
Jangan tanya untuk penghematan penggunaan air dan listrik di rumah. Saya meminimalkan penggunaan listrik di atas jam 17.00 atau misalnya memakai air bilasan terakhir cucian mencuci keset, pel, dll.
Walaupun kelihatannya hal-hal di atas sepele, tapi manfaatnya bener-bener terasa lho :)

Simpel kan?

*gambar diambil dari sini

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe