Water Rationing

06.16

Musim kemarau tahun ini emang menggila banget. Kalau enggak salah, musim hujan tahun ini cuman sampai bulan Februari, walaupun sesekali hujan sampai bulan Juli.
Jangan ditanya cuaca di siang hari, lha wong malam hari aja, keringat mengucur deras.
Pakai AC? Errrr.......boros listrik ya. Pakai kipas angin? Errr...lama kelamaan masuk angin. Kipasan? Err......pegel.
Sisi baiknya, cucian dari mesin cuci cukup diperas manual aja, jemur, sebelum tengah hari udah cepet kering.
Awal-awal datang musim kemarau sih, masih santai-santai aja. Pemakaian air, seperti biasa. Biasa boros, maksudnya *sambit*
Fyi, tempat saya tinggal dapat pasokan air artetis dari developer. Saluran Pdam belum sampai ke tempat saya. Maklum pelosok...xixixix
Setiap rumah di kompleks dapat disediakan tandon bawah tanah oleh developer. Aliran dari tandon developer memang dijatah ngocor 3x sehari, tapi selalu cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Air paling dipakai buat mandi, cuci baju (2-3 hari sekali), cuci piring, isi kolam ikan atau cuci motor/mobil (sebulan sekali). Saya beli air galon kemasan buat minum sehari-hari dan beli air galon isi ulang buat keperluan memasak. Nah, enggak banyak kan penggunaan air saya. Orangtua atau saudara datang menginap juga jarang banget, makanya pemakaian ya rata-rata aja. Karena pertimbangan itu, saya enggak punya/bikin tandon tambahan buat diatas (yang ala-ala tandon plastik oranye p*nyu). Padahal sih, duitnya enggak ada. Wakakaka......

Nah, karena kemarau yang parah banget tahun ini, aliran air semakin hari semakin parah.
Pertama, aliran air yang biasanya selalu menuhin tandon, cuman mengalir menuhin 1/3x nya. Tahap ini belum terlalu terasa mengalami kekeringan. Aktivitas cuci mencuci masih seperti biasa. Ayah juga masih mengalirkan air ke kolam ikannya seperti biasa *nangis batin*.
Efek dari tandon hampir kering kerontang nih, indera pendengaran rasanya bisa ngalahin kelelawar. Setiap ada bunyi kocoran air di tandon, pasti kuping langsung jadi lancip. Haaa......air ngalir tuh, hati jadi nyesss. Dan setiap ada bunyi-bunyian di halaman depan, pasti kedengaran laksana bunyi kocoran air di tandon. Lebay, memang.

Kedua, semakin kesini, pagi-pagi cek tandon kok airna cuman ngisi sejengkal tangan aja. Huaaaaaaaaa...mana cukup buat sehari, mana aliran air cuman ada pas tengah malam.
Langsung deh telp buat dikirim air galon refill untuk ngisi bak mandi. Gaya ya. Kata Ayah, "Mandi pakai air refill rasanya lain, Bun ya. Badan rasanya bersih dan nyess." Aduh, aku kok malah rasanya nyut-nyut'an kepala mikir kalau tiap hari beli galon isi ulang, juga nyut-nyut'an dompetku.
Cuci baju? Boro-boro. Persediaan air bisa buat mandi aja mepet. Akhirnya, cucian dimasukin ke laundry kiloan, cukup cuci kering saja, biar disetrika di rumah *teuteup irit*

Keadaan susah air memang bikin susah. Mau komplain ke siapa? Developer? Gak mungkin, lha wong sumurnya dia aja memang kering. Tetangga lain juga sami mawon susah air.
Kalau dipikir-pikir ini memang dikarenakan bad habit kita sendiri yang suka boros air. Kalau air melimpah, suka bingung mau dipakai apa, jadinya kalau pakai air sar sor sar sor. Coba aja diirit-irit, pasti persediaan air di sumur enggak akan menipis banget dan bakal tetap bisa memasok air di musim kemarau panjang.
Enggak hanya dari cara penggunaan, tapi perubahan lingkungan juga berperan.
Setahun yang lalu waktu saya baru aja pindah kesini, lahan hijau buat tanam kunyit, rambutan, mangga, pohon pete punya warga asli sekitar masih banyak.
Sekarang......lahan-lahan itu sebagian sudah beralih jadi rumah-rumah baru, ruko dan kos-kosan. Kawasan rumah saya memang dekat dengan kampus U*dip, jadi orang pada kalap membangun rumah kos-kosan dan ruko kayak jamur di musim hujan. (Itu orang kok pada banyak duitnya, ya).
Padahal di kawasan Semarang atas ini kan daerah resapan air, tapi pohon-pohon lebat yang setahun lalu masih ada, sekarang sudah berubah bentuk. Yah gimana debit air bakal cukup, la wong pohonnya pada ditebangin. Orang-orang yang menetap juga bertambah banyak.

Back to my problem. 
Solusi paling cepat? Panggil mobil tangki air. Tangki air ini rata-rata berisi 5-6 kubik air. Pelayanannya lumayan cepat. Sore hari telpon, tengah malam udah dikirim ke rumah. Airnya sih  katanya dari gunung Ungaran, yang bersih dan dingin. Ealah, saya sebetulnya cuman butuh air biasa-biasa aja kok :))
Satu tangki bisa buat 5 rumah dengan catatan isi full tandonnya (ukuran 1,5m3), jadi sebaiknya ajak tetangga  dekat buat joinan.
Tempo hari saya panggil truk tangki air PSA punya, salah satu pemasok truk air tangki. Memang bener sih airnya dingin dan bersih banget. Kalau ada yang kesusahan air, sila telpon, salah satunya, di perusahaan tangki air gunung ungaran 024-70783250...bukan promo, tapi bantu buat yang cari-cari telpon truk air, kalau-kalau ada yang kesusahan dan berminat cari air. Harganya enggak begitu mahal (apalagi kan joinan ma tetangga) sekitar 180rb an.
Solusi ini menyelesaikan masalah dalam beberapa jam saja dan tidak bertahan lama, karena kalau kemarau belum usai dan kemarau tahun depan lebih gila lagi, ya pasti bakal pesen air tangki ini tiap minggunya. Hitung aja biayanya sendiri.

Solusi sedikit cepat (tapi butuh modal lumayan) yaitu bikin sumur sendiri. Berdasar info dari tetangga yang baru aja bikin sumur, gali 2 meter aja udah muncul airnya, terutama di kawasan Temb***** sini ya. Airnya bersih, enggak bau dan enggak bikin kuning di baju. Lama pembuatan kayaknya sih enggak lebih dari seminggu,. Saya yang tetangga aja, lho, kok tau-tau udah jadi.
Kalau udah punya sumur gini, kayaknya untuk sementara waktu enggak usah pusing mau kemarau dua tahun pun, paling tinggal tambah gali sumur lagi dan enggak perlu bayar air ke developer.
Info tetangga (lagi), bikin sumurnya berdasar sistem borongan ke tukang, dan katanya, butuh sekitar 5-6 jeti udah termasuk beli bis dan pasang pralon.
Me? Oh pasti menunda dulu donk.......xixixi, kan ada tetangga yang baik *senyumramahsamatetangga* Itu kalo udah putus urat malunya.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe