Mengajak Anak ke Masjid

22.16

...itu ternyata gampang banget........
Beneran! Ini bukan sombong atau riya' ya.

Kalau diingat-ingat, Ayesha sejak bayi udah sering ke mesjid. Bukan untuk shalat dong ding dong, tapi buat diajak jalan-jalan sore plus makan bareng bayi-bayi yang ada di kompleks. Eh enggak di mesjid-nya deng, tapi di pelatarannya. 
Ayesha pertama diajak shalat pas umur 10 bulan juga buat shalat Ied di Bandung. Lucu banget deh pas itu, dia dipakein baju lebaran terusan terus ditaruh di stroller. Saya sempat deg-deg-an selama shalat karena dia kan enggak mau diem, bawaannya ngoceh mulu dan selalu mau lompat keluar stroller.

Adalah Ramadhan 1433 H pertama kali Ayesha diajak ke mesjid buat shalat. Dia waktu itu berumur 3 tahun, dan dibawa buat shalat teraweh. Eh, telat ya? Bukannya apa-apa. Anak ini tuh susah baget buat 'seat beauty' dan bawaannya pengen 'ucul' aja. Mana bakalan konsen buat shalat yak? Ayah pasti juga bakalan ogah buat ngejagain di masjid.

Semangka...semangat kakak Echa!!

Setelah pindah ke rumah baru pas Ranadhan tahun kemaren, barulah saya mantap ngajak Ayesha buat shalat di masjid. Itu juga minggu kedua Ramadhan. Kata Ayah, "Ada anak-anak juga kok disana!" Errr...oke lah kalau begitu.

Dan jreng jreng......
Dia memang semangat banget karena.........disana banyak anak-anak seumuran. Tapiii, kok ya anak-anak  itu ternyata malah mainan di masjid "_" 
Lha, sia-sia aja saya dari rumah dan di mesjid ngewanti-wanti, "Duduk dekat Bunda!" "Jangan mainan kalau yang lain lagi shalat!" "Jangan lari-lari!" "Jangan teriak-teriak!" "Jangan keluar dari masjid!" dan jangan-jangan-jangan lainnya. Wejangan saya bubrah kabeh. Setelah malam itu, dia selalu semangat kalau diajak ke mesjid......buat bertemu teman-temannya *tepokjidat* 
Kalau anak-anak main, suasana shalat taraweh jadi berisik. Malahan pernah Imam-nya lupa ayat surat pendek, gara-gara anak-anak pada berisik. Ih, aku kan jadi enggak enak, biarpun bukan cuman anakku doang yang jadi trouble maker.
Gara-gara ini, sang suami yang rajin shalat Isya' ke mesjid, kadang-kadang harus sembunyi-sembunyi pergi ke mesjid. Tapi selalu gagal karena antene Ayesha bisa mendeteksi langkah ayahnya dengan cepat dan akhirnya merengek-rengek ikut. Hihihi......

Ramadhan tahun ini gimana? Yowes podho wae. 
Sedetik baru naruh sajadah di karpet mesjid buat tarawehan, langsing ngacir. Bukannya saya enggak berusaha mengajak shalat. Dari mulai ajakan halus, ngancam, bahkan sampai membandingkan dengan anak lainnya yang relatif 'anteng', udah pernah semua. Hasilnya? Yah, dia masih tetap semangat kok dibawa ke masjid.......
Positifnya, dia semangat buat diajak ngaji di TPQ. Sebetulnya dia sudah mendapat pelajaran mengaji di sekolahnya setiap pagi sekitar jam 8.30an sama gurunya di sekolah (sekolah IT/Islam Terpadu). Materi di TPQ juga sama seperti di sekolah. Syukur, dia enggak menolak diajak belajar di mesjid juga.
Alhamdulillah, malahan dia yang selalu mengingatkan, "Bunda, nanti sore ngaji ya?", dan selalu sukses buat diajak mandi sore tanpa harus ada drama. Ya itu, kan nanti di mesjid bisa ketemu teman-teman dan bermain.....wkwkwkw.
Eh tapi enggak deng, begitu sampai di masjid, dia langsung antri giliran buat mengaji. "A Ba Ta" "Ta Tsa Ja"....dan setelah selesai itu...teuteup bermain!!
Silakan nak, silakan bermain. Enggak apa-apa kok, kewajiban pertama sudah dilaksanakan dengan baik, dan hak pertama harus diberikan juga.
Namanya juga anak-anak. Hidup bermain !!!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe