@Semarang: Toko "Oen" - Past Food Restaurant

18.07

Toko Oen ini, mungkin lebih cocok disebut resto, sudah ada di Semarang sejak tahun 1936. Konon disini sinyo dan noni Belanda di jaman kompeni asyik nge-date dan pasangan lokal lulusan Eropa dan kalangan lokal the have juga kencan disini.

Oldies, itu kesan pertama yang melekat pertama kali aku dateng kesini.
Pemiliknya nampak memang berusaha mempertahankan keaslian ekterior dan interiornya. Tampak luar memang khas bangunan ala jaman VOC, besar - tinggi, dan didalamnya tersusun meja,kursi makan, dan barang antik lainnya..


Bagian etalase snack ini yang paling oke. Selain diisi snack ala Belanda abis, macam klappertaart, amandel, dan yang berbau2 spekuk, di atasnya itu loh, berjejer stoples-stoples kuno ala abah-emak dulu: bentuknya full tabung kaca besar, yang isinya kue kering, macam yang disajikan buat lebaran, kayak kastengel, nastar, dll.


Dilihat dari daftar menunya, makanan yang ditawarkan makanan Euroasia, ada makanan bule, asia (China) dan Indonesia.

Untuk pilihan snack, kita rekomendasikan, amandel, baik yang polos ataupun pake selai, sama enaknya. Puff pastry-nya lembut, bau adonannya masih kerasa, dan kacangnya banyak. Enyakkk.
Ayesha milihnya kue tart coklat (fotonya enggak ada). Jangan dibayangkan kuenya kayak yang ada disini. Kue ini asli jadul, persis seperi yang sering dibuat alm. Ibu saya, berbahan dasar kue biasa (tepung, margarin, gula, telur, coklat) dan dihias dengan krim bertabur meises.


Sayangnya, untuk makanan utama, kita cuman pesen...gado-gado. Hehe...soalnya jam berkunjung kita salah, jam 2 siang, dan bawa anak balita. Si anak ini bakal bete kalo disuruh lama nunggu makanan ber-steak, jadi kita enyahkan keinginan nyicip makanan Eropa yang ada disini.

Ehm, racikan bumbu makanan lokal ini enggak terlalu istimewa

Karena bawa anak, pesan es krim itu wajib hukumnya (sekaligus sogokan biar mau diem). Ayesha sudah pasti milihnya es krim coklat dan, eeehhh si ayah ngekod pesen juga, ehm namanya lupa, susah sih soalnya .

Rasanya...teuteup....oldies pisan

Oya, nama2 varian es krimnya pakai EBYD (ejaan belanda yang disempurnakan), jadi kudu nanya ke pelayan ini es krim jenis apa, rasanya yang gimana, kalo itu isinya apa...bla..bla. 
Jadi serasa jadi inlander deh :((

Lokasi: Toko "Oen" Jl. Pemuda 52 Semarang (Depan pasaraya Sri Ratu)
Telp: (024) 3541683
Harga makanan: Rp 13.000 - Rp 85.000 ; Minuman: Rp 3.000 - Rp 8.000 ; Es krim: Rp 8.500 - Rp 27.000 ; Snack: Rp 3.000 - Rp 8.000 (incl. PPn)
Jam buka: Setiap hari 09.00 - 22.00

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe