@Semarang: NasGorBat Authentic Cuisine

02.23

Saya suka banget sama nasi goreng, maklum deh wong asli ndesoFavorit saya: nasi goreng babat, tapi babatnya saya ganti dengan iso (usus sapi), soalnya babatnya suka nyelip-nyelip di gigi :((
Ceritanya, dulu waktu jaman susah saya kecil, kalau pergi malam mingguan sekeluarga, bapak saya suka melipir beli nasi goreng sehabis jalan-jalan. Maklum deh, Bapak kan pegawai negeri biasa jadi enggak pernah ngajak ke resto fast food kakek berjenggot nan mahal itu. Jadinya, saya favorit banget makanan ini sampai sekarang.
Tinggal di Semarang ini memang cucok banget buat penyuka nasgor jenis ini, karena nasgorbat ter-mak nyus  dan ter-orisinal hanya ada disini. Saya enggak pernah coba bikin. Selain ribet harus beli usus sapi, terus kudu dibersihkan, direbus sampai empuk, dibumbuin, and so on....mending beli, dijamin praktis, murah, dan enak. Warung nasgor di Semarang rata-rata pasti menjual nasgorbat ini sebagai salah satu menunya, eh di restoran juga ada. Tapi menurut saya, makanan kayak gini lebih sedap belinya di pinggir jalan. Ada 2 warung nasgorbat yang udah sering masuk tipi dan, pernah saya cicipin.

Nasi Goreng Pak Taman

Waktu masih kerja jadi kuli dan enggak bawa bekal makan siang, saya suka nitip mas OB buat ,"Tolong beliin nasgor yang di dekat stadion itu, ya! Pedes!" Kebetulan tempat kerja saya memang deket-deket situ. Rasanya enak banget. Kecapnya tidak terlalu banyak (saya memang tidak suka nasgor yang manis), pedasnya kerasa, usus sapinya empuk (tapi sedikit, huhu), nasinya enggak kerasa keras, bawang merahnya kerasa, tampilannya berwarna kemerahan, berminyak. Slurpppp.....Yang bikin risih mungkin bikin enak, itu lho usus dan babat sapi yang buat dimasak, digantung tepat disisi jalan raya, pan kena debu, angin, asap motor :)) Etapi, saya enggak kapok makan disitu kok

Lokasi: Samping Stadion Diponegoro dan KPP Pajak
Semarang
*gambar dari sini

Nasi Goreng  Mberok
Pertama kali menyicip nasi goreng ini gara-gara ditraktir temen kantor. Kesan pertama,...manis, terlihat dari tampilannya yang coklat kehitaman. Konon, memang seperti itulah aslinya nasgorbat. Kecapnya meresap banget, usus sapinya empuk dan banyak, bawang merahnya tidak terlalu terasa, berminyak. Porsinya lumayan banyak juga, menurut saya lho. Karena saya bukan penggemar nasgor yang manis, jadi saya cuman beli kalau temen2 rame2 beli, apalagi lokasi warungnya ini memang rada-rada amigos, eh amijes (agak minggir jembatan sedikit). Ini juga sama dengan di atas, yang bikin enak ya mungkin karena dekat jembatan Mberok :((

Lokasi: Samping Jembatan Mberok (Johar)
Semarang
*gambar dari sini 

Nasi Goreng ala Ungaran-an
Sewaktu saya belum lahir, Bapak dinas di salah satu kantor pemerintah di kota Ungaran. Beliau mengontrak rumah di dekat alun-alun lama kota Ungaran. Di pusat kota itu berjajar warung tenda yang menjual segala jenis masakan ala PKL dan yang paling banyak, ya, nasi goreng babat itu. Alhasil   aktivitas malam mingguan adalah jalan-jalan di alun-alun dan ditutup dengan makan nasgor.Jarak Semarang-Ungaran tidak terlampau jauh, sekitar 15 menit apalagi jalan tol sudah dibuka.
Setelah pindah ke Semarang, Bapak, yang sudah ketagihan nasgorbat ala Ungaran ini, sesekali mengajak kami sekeluarga makan bareng di sana. Warung nasgor kesukaannya yaitu Bu Ngapinah. Kalau dulu yang memasak adalah Mbah Ngapinah sendiri, setalah meninggal diganti oleh anak perempuannya (kayaknya).
Menurut saya, yang paling juara, ya nasgor ini. Sebetulnya rada-rada subjektif juga sih, karena ada memori keluarga kalau makan disini.
Dari segi rasa, saya bilang nasgornya kombinasi kedua nasgor di atas. Tampilannya coklat kemerahan, berminyak, pedasnya pas, ususnya empuk (hanya saja porsinya sedikit), bawang merahnya kerasa. Hmmmmm, baunya aja udah enak :))

Lokasi: Alun-alun kota lama
Ungaran

Makan nasgorbat paling pas dinikmati di malam hari, dan yang pedas. Aih, jadi pengen makan nasgorbat :))

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe