@Garut: Sabda Alam - Waterpark Air Panas - Cipanas

09.00

Kolam renang air hangat di Garut ini kayaknya sedang 'in' banget di Jawa Barat dan sekitarnya. Jadilah sewaktu lebaran di Tasik kemarin, kita sekeluarga besar milih piknik sekaligus wisata kesitu. Jarak dari Tasikmalaya ke Cipanas sekitar 75 km, lewat jalur Ciawi - Malangbong. Normalnya mungkin bisa ditempuh sekitar 2 jam dengan kendaraan pribadi, tetapi karena kita berangkat pas H+2 lebaran, jadi butuh waktu hampir 6 jam buat sampai ke Cipanas. Anak-anak udah rewel di jalan nanyain kapan sampai, ngantuk dan  laper. Eh, tapi begitu sampai, langsung antusias, gantian rewel pada pengen masuk #namanya juga anak-anak#. 

Pengunjungnya banyak juga yang dari luar kota Garut

Anak-anak tetep enggak boleh lupa dilumurin sunblock, karena biarpun kota Garut terletak di kaki gunung, kalau siang cahaya matahari terik. Baru setelah hari menjelang sore, suhu udara turun dan, brrrrrr, sejuk banget. 


Kolam renang besarnya ada 3. 
Kolam pertama dibagi jadi 2 dengan kedalaman masing-masing 30 cm dan 80 cm. Kolam 30 cm ada ember tumpahnya, perosotan anak-anak, payung-payungan yang dikucurin air hangat. Kolam 80 cm buat yang mau berenang dan meluncur pakai slides
Kolam kedua dibawah jembatan bambu. Disini dalamnya juga sekitar 80 cm.
Kolam ketiga bentuknya seperti ring cincin, dan sedikit berombak, mungkin semacam lazy river. Tapi yang berenang disini sedikit dan banyak kotoran tanah :((
Warna air di kolam yang dalamnya 80 cm lebih keruh (rada hijau lumut), kata suami sih, kalau air panas kan banyak kandungan sulfur, jadi warnanya gitu. (Mbuh, info dari mana)


Biarpun namanya kolam air panas, tapi airnya lebih bisa dibilang hangat. Kalau mau berendam air panas, mending duduk di bawah pancuran payung-payungan, kuda laut, atau ember tumpah, disitu airnya lebih panas daripada yang di kolam. Mungkin karena kebanyakan orang, jadi air kolamnya enggak panas. Air panas bisa didapat di toilet (abis pe* trus diguyur air panas, aww) dan di tempat bilasan.

Fish spa juga bisa

Tiket masuk udah termasuk bisa main flying fox dan trampolin. Fasilitasnya standar ada restoran, loker, masjid, toilet dan kamar mandi.
Bawa makanan dari luar juga boleh. Kita kemaren juga bawa bekal makanan rantangan dari rumah lengkap dengan nasi, lauk pauk, sayur dan buah,  terus sorenya nge-botram disana, makan nasi bareng-bareng lesehan di atas tikar. Namanya juga piknik. Enggak usah malu, banyak kok rombongan keluarga yang bawa rantangan juga dan makan disana bareng-bareng keluarga.

Lokasi: Waterpark Sabda Alam Jl. Raya Cipanas No. 3 Garut
Telp: (0262) 540054
Jam buka: 07.00 am - 9.00 pm
HTM: Sabtu - Minggu- Hari Libur Rp 45.000 ; Free untuk anak dengan tinggi < 80 cm

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe