Mie Yamien di Semarang

01.17

Mie Yamien? Orang asli Semarang pasti gak tahu jenis mie kayak apa sih itu.
Mereka lebih familiar sama mie ayam bleketrek *engga tau bahasa formalnya*, yang biasa dijual di kaki lima atau gerobak yang lewat depan rumah atau mie bakso, bakso kuah yang diberi mie warna kuning.

Mie Yamien adalah mie, dengan taburan daun bawang dan suwiran ayam, yang disajikan terpisah dari kuahnya. Bentuk dan rasa mie-nya juga beda dari mie yang biasa dipakai di mie ayam atau mie bakso. Lebih kenyal dan gurih. Makanan ini gampang dijumpai di Bandung, dari kaki lima, resto sampai gerobak yang lewat depan rumah.

Jenis mie seperti ini juga ada yang jual di Semarang. Yang aku tahu ada 3 tempat yang jual mie seperti ini i.e mie Jakarta, mie Bandung dan mie Bangka. Aku udah pernah coba semuanya, tapi aku paling rekomen Mie Jakarta 69.
Ortuku, yang Sunda asli, dulu juga paling demen ngajak anak-anaknya makan mie yang ini..


Warung Rumah makannya sederhana, mirip ruko2 di sekitarnya. Memang sih dari depan enggak keliatan kinclong tapi dalemnya lumayan bersih walaupun lantainya rada2 kusam, kena banyak tumpahan minyak, makanan, minuman kali ya.
Tapi biarpun gitu, aku enggak pernah ngeliat rumah makan ini sepi pengunjung. 


 Mie ayam pangsit. (sebelah kanan atas bekas mangkok suami, dia porsinya 2)

Mie ayamnya rasanya gurih, kayaknya sih bikin sendiri. Mie-nya silakan diberi bumbu pilihan Anda, kecap, saus, sambal, dll supaya tambah leziss.
Saran aku, mie-nya sebaiknya dimakan dengan  tidak dicampur kuahnya karena akan mengurangi kelezatan cita rasa mie ayam (karena memang begitu cara makannya). Kuahnya dimakan secara terpisah, bisa juga diberi bumbu2 pilihan. Pilihan kuahnya ada 2, bakso dan pangsit, sama-sama segar, gurih dan enak, Kaldunya kerasa banget. Yummy maryummy :-p
Oya, disini enggak cuma jual mie ayam. Ada bihun, kweetiau, nasi goreng, ayam rica-rica, yang sepertinya sih pelengkap aja, kalau-kalau ada yang pengen variasi makanan.

Jenis minuman yang tersedia, ya standard rumah makan biasa. Es teh, cola, juice, es jeruk, klamud, dll.
Kalo mau tahu yang namanya mie Yamien, coba makan disini.

Lokasi: RM Mie Jakarta 69 Jl. MT Haryono 914B Peterongan Semarang
Telp: (024) 8441679
Harga Makanan: Rp 12.000 - Rp 18.000 ; Minuman : Rp 1.000 - Rp 6.000 (no PPn)
Jam buka: Setiap hari 09.00 - 22.00

You Might Also Like

1 komentar

  1. Wah mantap... saya belum coba yang di semarang... kalau di bandung ada yang beken namanya warung lela, tempatnya terpencil tapi banyak yang nyari. Di jakarta 'mungkin' yang paling populer mie GM

    BalasHapus

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe