Pap Smear Test

01.52

Kanker leher rahim merupakan penyakit mematikan nomor satu di Indonesia. Setiap tahun sekitar 8.000 wanita Indonesia meninggal karenanya.
Penyakit ini ditandai oleh pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tak normal yang telah mengalami perubahan selama bertahun-tahun untuk kemudian menjadi sel kanker. Deteksi dini dapat dilakukan melalui Pap Smear Test.
Tulisan ini untuk share bagi yang belum pernah atau berminat melakukannya. Direkomendasikan sekali  bagi wanita yang telah menikah umumnya dan/atau sudah pernah melakukan hubungan seksual, juga bisa digunakan sebagai acuan bagi mom yang berminat vaksinasi HPV.

Test ini harus dilakukan setelah periode menstruasi selesai, setidaknya seminggu setelah yakin benar-bersih dan selama tiga hari sebelumnya tidak diperbolehkan melakukan hubungan seksual *catet*.
Enggak hanya rumah sakit yang bisa melakukan test ini, sekarang klinik laboratorium juga mempunyai layanan ini. Biasanya mereka menawarkan 2 cara pengambilan sample.
Cara pertama (katanya cara lama) yaitu mengoleskan sample pada glass kaca, sedangkan yang kedua (terbaru) dengan memasukkannya dalam botol kaca. Info dari mbak CS, akurasi cara lama 75% sedangkan terbaru adalah 99,99%.
Oiya, jangan khawatir, perawat yang ambil sampel pasti perempuan lho!

 

Di ruang periksa, kita disuruh copot buka bawahan  dan celana dalam terus duduk di kursi (yang biasanya dipakai periksa kehamilan itu lho) untuk diambil sample. Mba perawat memasukan 'spekulum' ke ms V perlahan-lahan untuk menahan dinding vagina tetap terbuka. Cairan disekitar leher rahim diambil oleh alat yang namanya 'spatula', nah cairan/lendir inilah yang dimasukan ke dalam botol kaca untuk kemudian diperiksa secara teliti oleh dokter spesialis patologi.
Jangan lupa, pastikan bahwa spekulum dan spatula yang digunakan adalah baru/tersegel dan steril.

Pengambilan sample enggak memakan waktu lebih dari 5 menit dan enggak sakit sama sekali. Hasil test bakal keluar seminggu kemudian, dan di keterangannya (kalau negatif/tidak diketemukan sel kanker), akan ditulis pemeriksaan selanjutnya, biasanya sih disuruh cek lagi setahun kemudian.

Kemarin aku udah test di Klinik Cito, Setiabudi, Semarang. Test akan dilayani selama jam kerja yaitu jam 06.00 - 21.00. Untuk cara test lama dikenakan harga Rp 85.000 sedangkan metode baru Rp 125.000.
(Beda tipis gini mah mending pilih yang paling up to date)

Murah kan, harga segitu setahun sekali loh. Ibaratnya, langganan bb service ratusan ribu per bulan aja mampu, masa pap smear test setahun sekali aja enggak mau. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe